Senin, 15 April 2013

Jumpa Pakar AB "Sadar Gizi Sejak Dini"

Ini event yang kuikuti kemarin pagi. Sejak 7th yg lalu koleksi majalahnya+sering berkunjung ke webnya sebagai salah satu panduan dan bekal sbg ibu mandiri, asli sangat terbantu.
Dapet info acara ini dari akun twitter langsung komen mau ikutan. Sempet ragu juga sih krn gak ada temen kesananya nanti. Sudah antusias komen mau ikutan masa' gak jadi beli tiketnya, nah baru sabtu sore akhirnya 1 tiket ada ditanganku hehehehe.


Karena dede telat bangun, gak jadi pergi lebih cepat ke Novotel padahal 50 peserta yg dateng sebelum jam 9 bisa dapet bingkisan buku lho. Berhubung gerimis turun gak jadi motoran, naik angkot. Sampe sana 10 menit sebelum jam 9 tp absensinya dah dinomor 66 :( 
Ohya dresscodenya itu touch of orange, untung punya :)
Gak ada temen maka cari meja kosong sambil clingak-clinguk liatin orang masuk kali aja ada yg kenal. 10 menit berlalu masih ada beberapa meja kosong tp ada yg menghampiri mejaku, langsung pasang senyum manis dan ulurkan tangan seraya mempersilahkan duduk. Kenalan, ngobrol ini itu panjang kali lebar...senengnya dapet temen baru. 10 menit kemudian dapet kenalan lagi dan lagi :)
Tuh liat  pernak-pernikku
sudah ada temennya disebelah kiri :)


Buat temen-temen semua ini aku share sedikit materi dari 2 orang pakar di event Jumpa Pakar Ayahbunda-Sadar Gizi Sejak Dini.

~dr Francisca Tjakradidjaja MS,SpGK
1000 hari pertama kehidupan jd faktor penentu pertumbuhan anak, disebut masa emas/kritis anak. 1000 hari= 280 hari dalam kandungan+ 720 hari sejak lahir. Periode tumbuh kembang anak dari 0-5 th yang menentukan kualitas hidup anak dikemudian hari.Krn hanya berlangsung 1000 hari pertama, penting sekali bg ortu utk perhatikan kebutuhan gizi dgn memberikan nutrisi optimal. Mengapa gizi penting? Kalau status gizi baik > kualitas hidup optimal > tumbuh kembang anak optimal.
Apa itu zat gizi/nutrien?
Makronutrien ==> Karbohidrat, Protein, Lemak
Mikronutrien ===> Vitamin larut lemak (ADEK), vitamin larut air (BC), dan Mineral (Ca, Na,K,Cl,Mg,Fe,Zn,Se, dll).
Makanan TERBAIK ya pasti pada tahukan? ASI.

Memang ada masanya ada anak susah makan. Hampir semua anak mengalami. Adalah tugas kita orangtua utk membantu melewatinya.Penyebab anak susah makan: krn faktor organik, nutrisi, psikologis.
1. Faktor organik: ada masalah pd rongga mulut, kelainan pd area mulut dan saluran pencernaan. Harus ditangani medis oleh dokter.
2. Faktor nutrisi: picky eater (pilih2), anak hanya dihidangkan makanan yg itu2 saja
3. Faktor psikologis: tidak nyaman pd kondisi tertentu, mis: punya adik, pindah rumah, kangen ibu dll.

Penanganan anak yg punya mslh makan & gizi hrs individual. Stop bandingkan anak Anda dengan anak lain. Yang penting untuk dilakukan adalah menjadi role model yang tepat. Anak akan suka sayur jika ibu seneng makan sayur :)

Tadi juga dibagikan Diary Gizi disana ada quisioner untuk mengetahui tipe ibu seperti apakah kita dalam hal pemberian nutrisi/gizi pada anak berikut dengan hal-hal apa yang mesti dilakukan oleh ibu disetiap tipenya agar anak bisa bergizi. Sekilas aja ya karena cukup panjang penjelasannya.
Tipe 1 : Bunda Total
(sgt memperhatikan nilai gizi pada asupan anak, lebih senang membuatkan sendiri makanan yg disajikan)
Tipe 2 : Bunda Apa Adanya
(kurang memperhatikan nilai gizi, menu yang ada dirumah disamaratakan pada semua anggota keluarga tnp memperhatikan kebutuhan gizi masing2)
Tipe 3 : Bunda Terserah
(Asal anak mau makan saja sudah cukup, apa yang disukai anak ya silahkan)
Termasuk tipe yang manakah kalian?

Ada lagi nih, anak gemuk belum tentu bergizi. Anak doyan makan tapi tetap kurus apalagi jk BB dibawah standar artinya apa yg dimakan anak nilai gizinya rendah/tidak ada. Kecuali yang anaknya aktif banget tentu akan segera terbakar kalori dalam tubuhnya.

Cukup sekian deh materi dari Pakar yg pertama ini. walo sering baca ternyata masih ada sj yg miss, masih ada ilmu yg belum didapet.Pokoke Seruu dan bermanfaat.. Nantikan materi selanjutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar